[LAB 9] : KONFIGURASI EoIP (Ethernet Over IP) DI MIKROTIK

Assalamualaikum WR WB

Selamat siang, pada kesempatan kali ini saya kembali ingin menjelaskan tentang cara konfigurasi EoIP di router mikrotik. Setelah kemarin kita telah membahas bridging di router mikrotik. Apasih EoIP itu ? dan untuk apa kegunaannya ? untuk lebih jelasnya mari simak ulasan berikut ini. 

Pengertian EoIP 

EoIP atau Ethernet Over IP merupakan sebuah protocol pada mirkotik routerOS yang digunakan untuk membagun sebuah network tunnel antar mikrotik routerOS diatas sebuah koneksi TCP/IP. Interface yang menjalankan EoIP akan dianggap sebagai sebuah interface Ethernet. Protocol ini menggunakan protocol GRE (RFC1701) dan hanya bisa dibuat di mikrtotik routerOS saja. 


Dengan menggunakan EoIP kasus seperti menghubungkan kantor pusat dengan kantor cabang dengan sebuah network yang sama dapat tertasi dengan mudah, tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membangun sebuah kabel/wireless/fiber optic untuk bisa saling terhubung menggunakan satu network yang sama. 

Topologi 


Pada topologi diatas saya menggunakan 2 buah router mikrotik dengan masing-masing ip public 192.168.1.108 untuk mikrotik 1 dan 192.168.1.112 untuk mikrotik 2. Kedua router mikrotik itu memiliki LAN dimana LAN tsb memiliki 1 network address yang sama satu sama lain. Pada kasus ini PC 1 ingin terhubung dengan PC 2 dengan 1 buah network address yang sama. Berikut dibawah ini konfigurasi EoIP untuk kasus diatas. 

Konfigurasi

Sebelum masuk ke konfigurasi EoIP berikut ini adalah konfigurasi awal untuk masing-masing router mikrotik :

Mikrotik 1 

IP Address 


IP DNS


IP Route


Mikrotik 2

IP Address


IP DNS


IP Route


Konfigurasi EoIP

Mikrotik 1

EoIP Tunnel 


Konfigurasi diatas digunakan untuk membuah interface eoip tunnel, dimana untuk membuat eoip tunnel harus memiliki remote address dan mac address yang berbeda dan tunnel-id yang sama. Pada konfigurasi diatas remote address yang dimasukan adalah alamat ip public dari mikrotik 2 dan mac address adalah mac address dari interface ether1 (WAN) mikrotik 1. Untuk tunnel-id mengunakan id 100. 

Bridging


Setelah membuah interface eoip, saatnya membuat interface bridge. Interface brigde ini nantinya akan digunakan untuk interface eoip dan interface ether2 (LAN) agar menjadi mode bridging. 

 Mikrotik 2

EoIP Tunnel


Konfigurasi diatas digunakan untuk membuah interface eoip tunnel, dimana untuk membuat eoip tunnel harus memiliki remote address dan mac address yang berbeda dan tunnel-id yang sama. Pada konfigurasi diatas remote address yang dimasukan adalah alamat ip public dari mikrotik 1 dan mac address adalah mac address dari interface ether1 (WAN) mikrotik 2. Untuk tunnel-id mengunakan id 100. 

Bridging 


Setelah membuah interface eoip, saatnya membuat interface bridge. Interface brigde ini nantinya akan digunakan untuk interface eoip dan interface ether2 (LAN) agar menjadi mode bridging.

Verifikasi 

Setelah membuat konfigurasi EoIP tunnel di kedua buah router mikrotik. Saatnya untuk menguji konfigurasi tsb dari sisi client, dimana masing-masing client berada di wilayah yang berbeda namun menggunakan 1 network address yang sama. Berikut verifikasi EoIP dari sisi cleint tsb :

PC 1 ke PC 2


PC 2 ke PC 1


Apabila kedua buah client masing-masing melakukan reply satu sama lain. Maka konfigurasi EoIP tunnel yang dibuat telah berhasil. 

Penutup 

Demikian penjelasan saya untuk konfigurasi EoIP di router mikrotik. Semoga bisa bermanfaat untuk para pembaca semua. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih. 

Wassalamualaikum WR WB

Refrensi

http://wiki.mikrotik.com/wiki/Manual:Interface/EoIP
https://www.mikrotik.com/documentation/manual_2.5/Interface/EoIP.html
http://mikrotik.co.id/artikel_lihat.php?id=91

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengertian Shell Prompt

Pengertian File dan Direktori pada Linux

[Lab 29] : Konfigurasi Basic NAT Overload (PAT)