Workshop Bulanan Bersama ID-Networkers

Assalamualaikum WR WB

Selamat malam, kali ini saya ingin membagi cerita tentang pengalaman saya mengikuti workshop bulanan yang diadakan oleh IDN (ID-Networkers). Saya baru 2x mengikuti workshop bulanan yang telah diadakan oleh IDN. Workshop tersebut adalah "Pengenalan & Implementasi MPLS" dan "DMVPN". Bagi kalian yang belum tahu tempat apa sih IDN itu ? berikut dibawah ini adalah pengenalan dari ID-Networkers itu sendiri menurut saya pribadi.

IDN (ID-Networkers) itu sendiri adalah merupakan sebuah tempat training yang dikhususkan bagi siapa saja yang ingin memperdalam ilmu dalam bidang jaringan komputer. Di IDN sendiri memiliki beberapa kelas training, yaitu CISCO, MIKROTIK, dan JUNIPER. IDN membuka kelas CISCO dari mulai dari level CCNA, CCNP, dan CCIE. Untuk kelas MIKROTIK IDN membuka kelas mulai dari level MTCNA, MTCRE, dan MTCINE. Dan untuk kelas JUNIPER IDN membuka kelas mulai dari level JNCIA, dan JNCIP. Ditambah para pengajar IDN juga merupakan praktisi yang sudah berpengalaman dalam masing-masing bidang tersebut, dengan begitu tidak diragukan lagi IDN sudah menjadi tempat training favorite untuk memperdalam ilmu dibidang jaringan komputer. 

Kembali ke pengalaman saya dalam mengikuti workshop bulanan yang diadakan oleh IDN tersebut. Workshop MPLS merupakan workshop pertama saya di IDN. Awalnya saya meliat salah satu teman saya men-share sebuah workshop dengan materi MPLS. Sayapun penasaran tentang materi tersebut, saya baca post teman saya tersebut ternyata workshop tersebut diadakan oleh ID-Networkers. Karena penasaran saya langsung buka website resmi dari IDN. setelah saya melihat web IDN ternyata IDN selain mengadakan workshop juga mengadakan training sertifikasi internasional. yang saya heran juga IDN berani memasang harga training yang lumayan miring dibanding tempat training2 yang ada. Setelah melihat-lihat training apa saja yang diadakan oleh IDN saya langsung melakukan pendaftaran online di web IDN. Sewaktu saya daftar workshop MPLS biaya yang dipatok pada saat itu adalah Rp 100.000. Saya berpikir kok lumayan mahal, apa materinya sangat bagus sehingga dipatok harga segitu. Tapi tanpa pikir panjang lagi saya daftar dan melakukan transfer untuk pembayaran workshop. 

Pada hari sabtu, tanggal 21 September 2013. Saya menuju ketempat wokshop yang diadakan oleh IDN. Lokasinya di rumah belajar IDN daerah kebayoran baru. Workshop dimulai jam 9 pagi WIB, saya sampai di lokasi jam 9 kurang 10 menit. Berikut penampakan rumah belajar IDN yang waktu itu dijadikan tempat workshop MPLS :


Workshop pun dimulai sekitar jam setengan 10 pagi. Pembicara pada saat itu adalah mas Muhammad Syarifudin, CCNA, CCNP, NRS-1. Beliau menjelaskan apa itu MPLS, cara kerja MPLS, hingga cara konfigurasi MPLS tersebut. Berikut sedikit penjelasan dari apa itu MPLS ? 

MPLS (Multi Protocol Label Switching) merupakan mekanisme didalam jaringan komunikasi yang bertugas untuk mengirim sebuah data dari satu node ke node lain berdasarkan label dan pelimilihan jalur terbaik/terpendek. MPLS digunakan untuk menghindari pencarian kompleks dalam routing tabel. MPLS dapat encapsulate paket dari berbagai protokol jaringan. MPLS mendukung berbagai teknologi akses, termasuk T1 / E1, ATM, Frame Relay, dan DSL. Berikut ini adalah materi yang dibawakan oleh mas Syarif dalam workshop MPLS tsb :




Setelah saya mengikuti workshop tersebut, saya jadi mendapat ilmu lebih untuk pemahaman saya dalam jaringan komputer. Saya juga merasa tidak rugi sudah mengeluarkan uang, karena materi yang didapat setimpal dengan apa yang sudah saya keluarkan. Saya juga mendapat teman-teman baru, mereka juga tidak sungkan berbagi pengalaman mereka dalam pekerjaan mereka didunia jaringan komputer. Oiya, untuk materi MPLS ini merupakan materi yang bisa didapat apabila mengikuti training CCNP. 

Di workshop MPLS tersebut juga perdana buat saya menggunakan aplikasi GNS3, selama ini saya hanya memakai packet tracer saja untuk belajar konigurasi cisco. Aplikasi tersebut memang sering digunakan oleh para network engineer untuk melakukan pembelajaran atau design konfigurasi. GNS3 juga bukan hanya sekedar untuk CISCO, tapi perangkat seperti Mikrotik dan Juniper bisa berjalan diatasnya. 

Setelah saya mengikuti workshop MPLS dari IDN, saya sangat ingin sekali mengikuti workshop yang diadakan oleh IDN. Beberapa bulan kemudian IDN kembali mengadakan workshop yang diadakan dislipi. Materi workshop tersebut adalah DMVPN. tanpa basa basi saya langsung mendaftar dan melakukan pembayaran untuk registasi. 

Workshop tersebut diadakan pada hari sabtu, tanggal 31 mei 2014. Workshop dimulai jam 1 siang, tapi pada saat itu saya datang agak terlambat karena saya kira tempat workshopnya berada di rumah belajar yang dikebayoran lama. Sewaktu saya datang pemateri sudah menjelaskan apa itu DMVPN. OIya pemateri workshop tersebut adalah salah satu anak yang mengikuti pesantren dari IDN. Oiya, FYI, IDN juga menyediakan tempat bagi para lulusan SMK untuk belajar di IDN gratis dengan menjadi pesantren di IDN. IDN juga menyediakan tempat training gratis untuk guru-guru SMK jurusan TKJ.

Oke kembali ke workshop, workshop pada saat itu di bawakan oleh salah satu anak dari pesantren IDN. Saya tidak tahu namanya, dikarenakan saya datang terlambat pada saat itu, dia menjelaskan apa itu DMVPN, cara kerjanya, dan Konfigurasi DMVPN tersebut. Berikut penjelasan singkat mengenai DMVPN tersebut :

DMVPN (Dynamic Multipoint Virtual Private Network) merupakan terknologi cisco yang digunakan untuk melakukan tuneling disebuh VPN. DMVPN lebih efisien konfigurasi dan manajemen dibanding dengan menggunakan point to point tunel gre. Karena DMVPN menggunakan multipoint tunel gre. Multipoint tunel gre juga menggunakan IPsec sehingga menjamin keamanan pada saat melakukan tuneling.

Berikut poster workshop DMVPN di IDN :


Setelah mengikuti workshop tersebut saya mendapat ilmu tambahan lagi dibidang jaringan komputer lanjut, karena materi DMVPN ini juga didapat apabila mengikuti training CCNP. 

Itu semua adalah pengalaman saya mengikuti workshop di ID-Networkers. Saya mendapat banyak pengalaman dan pembelajaran setelah mengikuti workshop-workshop tersebut. Saya jadi sering menggunakan GNS3 untuk belajar. Saya juga mendapat wawasan lebih dibidang jaringan komputer lanjut. Saya juga jadi tidak malu untuk bertanya apabila saya tidak bisa melakukan sebuah konfigurasi. Karena pada saat saya mengikuti workshop saya mendapat pelajaran untuk jangan malu bertanya hanya karena gengsi, karena gengsi tidak akan membawa kita menuju kesukesan. Kalimat itu yang saya sering dengan pada saat mengikuti wokshop MPLS dirumah belajar IDN. 

Inshaa allah apabila saya ada rejeki, saya juga ingin mengikuti training CCNA di IDN bulan januari nanti. .. hhe :) Semoga tulisan saya ini bermanfaat untuk yang lainnya. Terima kasih atas perhatiannya.

Wassalamualaikum WR WB

Regards,

Dimas Prayogo

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Shell Prompt

[Lab 29] : Konfigurasi Basic NAT Overload (PAT)

Pengertian File dan Direktori pada Linux