Pengertian LINUX

Assalamualaikum WR WB

Kali ini saya ingin menerangkan sekaligus membahas apasih yang di maskud dengan LINUX ? kenapa akhir akhir ini banyak orang membicarakan tentang LINUX ?. Sebagian mungkin sudah tahu apa itu LINUX. Iya, salah satu sistem operasi yang berbasis Open Source. Untuk Lebih jelasnya berikut ulasannya :




LINUX adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja. Dengan kata lain sistem operasi linux ini kita bisa modifikasi sendiri sehingga para pengembang program atau programmer bisa membuat sistem operasi mereka sendiri.

Nama "Linux" berasal dari nama pembuatnya, yang diperkenalkan tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Sistemnya, peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif GNU/Linux.

Antarmuka Linux sendiri pada saat pertama kali ditemukan berupa CLI (Command Line Interface) karena Linux itu sendiri sistem operasi bertipe UNIX. Namun seiring perkembangan zaman, Linux sekarang hampir seluruhnya menggunakan antarmuka GUI (Graphic User Interface) yang memudahkan pengguna untuk mengoperasikan sistem operasi LINUX.

Didalam sistem operasi Linux itu sendiri memiliki beberapa komponen utama, yaitu :




Kernel 
Merupakan program inti dari sistem operasi Linux. Dimana kernel itu memiliki tugas antara lain : Mengendalikan akses terhadap komputer, Mengatur memori komputer, memelihara sistem file, dan Mengalokasikan sumber daya komputer diantara si pemakai.

Shell 
Merupakan program yang memungkinkan pemakai dapat berkomunikasi dengan komputer. Tugas dan peran shell adalah membaca perintah yang diberikan pemakai dan menerjemahkan perintah (command intepreter) tersebut sebagai suatu permintaan dan meneruskanya ke Kernel. Pada prompt shell, pemakai memberi perintah kepada shell dan kemudian shell akan langsung memberikan respon. Perintah-perintah tersebut dapat dirangkai serta dapat disimpan dalam sebuah file teks yang disebut dengan program shell atau shell scripting.

Utility
Adalah program bantu diluar shell untuk melakukan tugas tertentu, misalnya saja untuk mengedit dokumen, memanipulasi file, menambah user, menghapus user dan lain sebagainya.


Terdapat banyak distribusi Linux (lebih dikenali sebagai distro) yang dibuat oleh individu, grup, atau lembaga lain. Masing-masing disertakan dengan program sistem dan program aplikasi tambahan, di samping menyertakan suatu program yang memasang keseluruhan sistem di komputer (installer program).

Inti di setiap distribusi Linux adalah kernel, koleksi program dari proyek GNU (atau proyek lain), cangkang (shell), dan aturcara utilitas seperti pustaka (libraries), kompilator, dan penyunting (editor). Kebanyakan sistem juga menyertakan aturcara dan utilitas yang bukan-GNU. Bagaimanapun, utilitas tersebut dapat dipisahkan dan sistem ala UNIX masih tersedia. Beberapa contoh adalah aturcara dan utiliti dari BSD dan sistem grafik-X (X-Window System). X menyediakan antarmuka grafis (GUI) yang umum untuk Linux. Berikut beberapa contoh dari distro linux :

- Ubuntu
- OpenSuse
- Fedora
- Red Hat
- Backtrack 
- Mandriva 
- Slackware
- Debian
- dll.

Demikian pembahasan dan penjelasan dari sistem operasi Linux. Semoga tulisan saya kali ini bisa bermanfaat bagi pembaca semua.

Wassalamualaikum WR WB

Sumber :

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Shell Prompt

[Lab 29] : Konfigurasi Basic NAT Overload (PAT)

Pengertian File dan Direktori pada Linux