PENGERTIAN FTP SERVER

Pengertian FTP Server

FTP (File Transfer Protocol) merupakan protokol yang berguna untuk transfer data antar komputer maupun anter jaringan. Protokol ini memiliki port 21 secara defaultnya. Protokol ini juga masih digunakan hingga sekarang sebagai media upload dan download data yang ada di internet.

Jenis-jenis FTP Server

Ftp server memiliki 2 jenis, yaitu :

1. Anonymous FTP
2. Private FTP

Anonymous FTP adalah FTP yang bisa digunakan dan dilihat oleh semua orang yang berada di internet. Apabila kita ingin membuka ftp jenis ini tidak perlu memasukan user dan password, jadi kita hanya perlu memasukan link ftp kedalam url browser.

Private FTP adalah FTP yang hanya bisa digunakan bagi mereka yang memiliki hak akses atau akun ftp tersebut. Apabila kita ingin membuka ftp jenis ini kita perlu memasukan akun seperti user dan password. Karena jenisnya yang private jadi keamanan datanya lebih terjamin dibandingkan dengan Anonymous FTP.

Cara Kerja FTP Server



Komputer client bertindak sebagai ftp client yang memberikan command atau query kepada si ftp server. Ftp server menerima command dari ftp client dan memberikan layanan sesuai dengan apa yang diperintahkan oleh si ftp client. Ftp server itu sendiri adalah sebuah layanan untuk membantu tugas ftp client dalam melakukan proses upload dan download data antar komputer bahkan jaringan komputer.

Untuk melihat cara konfigurasi FTP server, bisa melihat artikel berikut :


Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Shell Prompt

[Lab 29] : Konfigurasi Basic NAT Overload (PAT)

Pengertian File dan Direktori pada Linux