[Lab 4] : DHCP SERVER – Packet Tracer

Perkenalan 

DCHP server merupakan salah satu service server yang digunakan untuk mengalokasikan IP address ke client dalam satu jaringan. Service ini sangatlah berguna dalam pendistribusian IP dalam bentuk skala jaringan yang besar. Sekarang kita akan mencoba membuat DHCP server dengan menggunakan aplikasi Packet Tracer.

Topology


Hardware

- 2 buah PC
- 1 buah Switch
- 1 buah Server
- 3 buah Cable Straigh

IP Address

- Server : 192.168.1.254/24
- Client  : DHCP 



Konfigurasi

1. Pertama, buka aplikasi Packet Tracer

2. Kedua, Kemudian pilih End Devices → PC-PT untuk client dan Server-PT untuk server. Sesuaikan dengan kebutuhan hardware yang sudah ditentukan. Pilih Switches → Switch-generic untuk memilih switch yang digunakan. 


3. Ketiga, Kemduian pilih Connections → Straight untuk memilih kabel. Lalu hubungkan masing-masing devices dengan kabel tersebut hingga menjadi seperti berikut :

 
4. Keempat, Setelah menghubungkan devices dengan kabel, sekarang klik pada server 1x makan akan terbuka interfaces baru, pilih Config → FastEthernet lalu masukan IP address server yang sudah ditentukan.



5. Kelima, Setelah melakukan configurasi pada server. Sekarang kita akan melakukan config ip address di sisi client. Klik client 1x pilih Desktop → Ip Configuration, setelah itu pilih DHCP. Tunggu hingga muncul IP address. Lakukan hal yang sama untuk client yang satnya lagi.



6. Keenam, setelah itu lakukanlah ping ke server dan ke sesama client. Apabila mendapatkan reply maka konfigurasi kalian berhasil.




Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Shell Prompt

[Lab 29] : Konfigurasi Basic NAT Overload (PAT)

Pengertian File dan Direktori pada Linux