Protokol Jaringan Komputer


Assalamualaikum WR WB

Setelah kemarin gw sudah menulis tentang perangkat yang digunakan didalam jaringan komputer. Sekarang gw mau sedikit menulis tentang protokol yang terdapat pada jaringan komputer.

Protokol adalah aturan yang mengatur komunikasi antar komputer maupun jaringan. Protokol ini lah yang bertugas mengatur lalu lintas data yang sangat banyak setiap harinya. bayangkan apabila didalam jaringan komputer ini tidak ada sebuah protokol, mungkin sesama pengguna komputer tidak bisa berkomunikasi dan berbagi data dengan nyaman dan aman.

Protokol yang sekarang ini digunakan adalah protokol TCP/IP (Transmission Control Protokol/Internet Protokol) yang merupakan sekolompok protokol yang mengatur komunikasi data komputer di jaringan internet. komputer-klomputer yang berkomunuikasi di internet menggunakan TCP/IP tidak menjadi masalah perbedaan jenis komputer dan sistem operasi, karena TCP/IP menggunakan bahasa yang sama yang sudah menjadi standar protokol didunia. Jadi apabila ada sebuah komputer yang terhubung ke internet menggunakan protokol TCP/IP maka komputer tersebut bisa berkomunikasi dengan komputer lain yang menggunakan protokol yang sama di internet.

Arsitektur TCP/IP



Arsitektur TCP/IP berbeda dengan arsitektur Model OSI, tetapi menggunakan model referensi DARPA. TCP/IP mengimplementasikan arsitektur berlapis yang terdiri atas empat lapis. Empat lapis ini secara tidak langsung bisa dipetakan dengan model referensi OSIEmpat lapis ini kadanga disebut DaRPA model, Internet Model, DoD model, mengingat TCP/IP dikembangkan oleh ARPANET yang merupakan lembaga pertahan amerika serikat.

Didalam protokol TCP/IP tedapat 4 protokol yang bekerja, yaitu Application, Transport, Internet, dan Network Access. Berikut penjelasannya :

1. Application Layer

merupakan layer yang berfungsi menyediakan akses kepada aplikasi terhadap layanan jaringan terhadap TCP/IP. Layer ini mencakup protokol DHCP, DNS, HTTP, FTP, SMTP, dll. 

2. Transport Layer

Merupakan layer yang befungsi untuk membuat sesi koneksi yang bersifat connection-oriented atau broadcast yang bersifat connectionless. Protokol yang bekerja pada layer ini adalah TCP dan UDP.

3. Internet Layer

Merupakan layer yang berfungsi untuk melakukan pemetaan (routing) dan enkapsulasi paket-paket jaringan menjadi paket-paket IP. Protokol yang bekerja pada layer ini adalah IP, ARP, ICMP, IGMP.

4. Network Access Layer

Merupakan layer yang berfungsi untuk meletakan frame-frame jaringan diatas media jaringan yang digunakan. TCP/IP dapat bekerja di berbagai teknologi mulai dari LAN, MAN, WAN yang berjalan dia atas jaringan PSTN, ISDN, dan ATM.

Layanan Pada TCP/IP

1. Pengiriman File
2. Remote Login
3. Computer Mail
4. Network File System
5. Remote Execution6. IRC
7. Streaming

Port TCP/IP

Port TCP mampu mengidentifikasikan sebuah lokasi tertentu untuk menyampaikan segmen-segmen TCP yang diidentifikasikan dengan TCP port Number. Berikut port-port TCP yang umum digunakan :

port 21 = FTP digunakan untuk saluran data
port 22 = FTP digunakan untuk saluran kontrol
port 23 = SMTP digunakan untuk mengirim emai
lport 80 = HTTP digunakan untuk world wide web
port 110 = POP3
dll.

Sekian tulis gw mengenai protokol yang digunakan didalam jaringan komputer. Semoga bisa bermanfaat bagi yang belum tahu dan bagi yang sudah tahu bisa menjadi lebih tahu.

Wassalamualaikum WR WB

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Shell Prompt

[Lab 29] : Konfigurasi Basic NAT Overload (PAT)

Pengertian File dan Direktori pada Linux